BRD Perpustakaan

Business Requirement Document

 

 

 

 

 

 

 

 

PROYEK PERPUSTAKAAN

 

DIBUAT OLEH: Diana Ayu Istiqomah

 

 

 

 

 

 

 PRODI BISNIS DIGITAL

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

SALATIGA

 

PERSETUJUAN

Dibuat Oleh:

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Diana

Project Manajer

 

14 September 2022

 

Direview Oleh:

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Disetujui Oleh :

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 


 


 

 

 

 

 

 

Daftar Isi

 

 

1        Deskripsi Proyek. 3

2        Lingkup Proyek. 4

3        Kebutuhan Fungsional 4

3.1 Spesifikasi kebutuhan. 4

3.2  Use Case Diagram.. 4

3.3 Entity Relationship Diagram (ERD) 6

4        Kebutuhan Non Fungsional 6

5        Biaya. 7

6        Tim.. 7

7        Penjadwalan. 7

 

 

 


 



 

1        Deskripsi Proyek

Proyek Aplikasi Perpustakaan Polibest ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengelola peminjaman buku di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan petugas perpustakaan untuk mengelola peminjaman buku dan mahasiswa yang melakukan peminjaman buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

2        Lingkup Proyek

Lingkup Proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.

Untuk desain layout terdiri dari:

a.       Tampilan login

b.      Tampilan dashboard dan menu

Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:

a.       Fitur login

b.      Fitur Registrasi

3        Kebutuhan Fungsional

3.1 Spesifikasi kebutuhan

Proyek Data Siswa ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Petugas perpus dapat mengakses dan mengelola data peminjaman buku secara penuh (full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a. Manajemen user login

b. Manajemen data mahasiswa


 

3.2  Use Case Diagram



Gambar di atas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Aplikasi Perpustakaan Polibest dengan penjelasan sebagai berikut:

a.       Use case ini terdiri dari 2 actor yang berinteraksi dengan satu sistem.

b.      Mahasiswa, fitur yang berfungsi untuk mengirim data mahasiswa yang digunakan untuk login. Fitur ini hanya dapat diakses setelah user berhasil login. Jika belum memiliki akun, mahasiswa dapat registrasi terlebih dulu.

c.       Setelah berhasil registrasi, data akan di verifikasi terlebih dulu oleh Petugas perpus. Jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan mahasiswa sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku anggota.

d.      Login, setelah mendapatkan akun dan verifikasi data, user harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur data mahasiswa.

e.       Peminjaman, fitur ini berisi daftar buku-buku yang dipinjam serta tanggal peminjaman.

f.        Buku, terdapat data buku yang berisi keterangan buku, judul buku, no buku, nama pengarang, dan tahun terbit. Mahasiwa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.

g.      Pengembalian, fitur ini berfungsi untuk mahasiswa yang akan mengembalikan buku. Jika terlambat mengembalikan buku sesuai tanggal peminjaman, maka mahasiswa akan dikenai denda.


 

3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)


 

 

Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

a.      Entitas Mahasiswa mempunyai atribut nama, alamat, jenis_kelamin, jurusan, dan nim.  

b.     Proses register mempunyai atribut nama, alamat, jenis_kelamin, jurusan, nim, dan password.

c.      Entitas Petugas perpus mempunyai atribut nama, id petugas, dan alamat.

d.     Entitas Anggota perpus mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku anggota.

e.      Proses login mempunyai atribut nama dan password.

f.       Buku mempunyai atribut no_buku, judul_buku, klasifikasi_buku, tahun_terbit, dan nama_pengarang.

g.     Peminjaman mempunyai atribut judul_buku, masa_pinjam, dan tanggal_pinjam.

h.     Pengembalian mempunyai atribut judul_buku, tanggal_pengembalian, dan denda.

4        Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a. Bisa digunakan pada berbagai macam browser

b. Tampilan user friendly dan responsif

c. Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d. Mudah digunakan

e. Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)

 

5        Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document : Rp. 200.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web : Rp. 300.000

·         Pembuatan Modul Login dan Siswa : Rp. 500.000

·         Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 300.000 Total : Rp. 1.300.000

 

6        Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·         Nama siswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·         Nama siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

·         Nama siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

·         Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi

7        Penjadwalan 

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan Populer