BRD Perpustakaan
Business Requirement Document
PROYEK PERPUSTAKAAN
DIBUAT OLEH: Diana Ayu Istiqomah
PRODI BISNIS DIGITAL
POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA
SALATIGA
PERSETUJUAN
Dibuat Oleh:
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
Diana |
Project Manajer |
|
14 September 2022 |
Direview Oleh:
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Disetujui Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Daftar Isi
3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)
1 Deskripsi Proyek
Proyek
Aplikasi Perpustakaan Polibest ini merupakan aplikasi atau software yang
berfungsi untuk mengelola peminjaman buku di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga
tahun ajaran 2022/2023. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan petugas
perpustakaan untuk mengelola peminjaman buku dan mahasiswa yang melakukan
peminjaman buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan
bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.
2 Lingkup Proyek
Lingkup
Proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.
Untuk
desain layout terdiri dari:
a. Tampilan login
b. Tampilan dashboard dan menu
Sedangkan
untuk fitur aplikasi terdiri dari:
a. Fitur login
b. Fitur Registrasi
3 Kebutuhan Fungsional
3.1 Spesifikasi
kebutuhan
Proyek
Data Siswa ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser
pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Petugas perpus
dapat mengakses dan mengelola data peminjaman buku secara penuh (full access).
Fitur utama yang dapat dikelola adalah
a.
Manajemen user login
b.
Manajemen data mahasiswa
Gambar
di atas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Aplikasi Perpustakaan Polibest
dengan penjelasan sebagai berikut:
a. Use case ini terdiri dari 2 actor yang
berinteraksi dengan satu sistem.
b. Mahasiswa, fitur yang berfungsi untuk mengirim data mahasiswa yang
digunakan untuk login. Fitur ini hanya dapat diakses setelah user berhasil
login. Jika belum memiliki akun, mahasiswa dapat registrasi terlebih dulu.
c. Setelah berhasil
registrasi, data akan di verifikasi terlebih dulu oleh Petugas perpus. Jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan mahasiswa
sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku anggota.
d. Login, setelah mendapatkan akun dan verifikasi data, user harus
melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam
hal ini adalah fitur data mahasiswa.
e. Peminjaman, fitur ini
berisi daftar buku-buku yang dipinjam serta tanggal peminjaman.
f. Buku, terdapat data buku
yang berisi keterangan buku, judul buku, no buku, nama pengarang, dan tahun terbit. Mahasiwa dapat meminjam buku maksimal 7 hari,
jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.
g. Pengembalian, fitur ini
berfungsi untuk mahasiswa yang akan mengembalikan buku. Jika terlambat
mengembalikan buku sesuai tanggal peminjaman, maka mahasiswa akan dikenai
denda.
3.3 Entity Relationship
Diagram (ERD)
Pada
ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
a.
Entitas
Mahasiswa mempunyai atribut nama, alamat, jenis_kelamin, jurusan, dan nim.
b.
Proses
register mempunyai atribut nama, alamat, jenis_kelamin, jurusan, nim, dan
password.
c.
Entitas
Petugas perpus mempunyai atribut nama, id petugas, dan alamat.
d.
Entitas
Anggota perpus mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku anggota.
e.
Proses
login mempunyai atribut nama dan password.
f.
Buku
mempunyai atribut no_buku, judul_buku, klasifikasi_buku, tahun_terbit, dan
nama_pengarang.
g.
Peminjaman
mempunyai atribut judul_buku, masa_pinjam, dan tanggal_pinjam.
h.
Pengembalian
mempunyai atribut judul_buku, tanggal_pengembalian, dan denda.
4 Kebutuhan Non
Fungsional
Untuk
kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a.
Bisa digunakan pada berbagai macam browser
b.
Tampilan user friendly dan responsif
c.
Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password
d.
Mudah digunakan
e.
Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)
5 Biaya
Untuk
biaya terdiri dari beberapa komponen
· Analisa dan Pembuatan Business Requirement
Document : Rp. 200.000
· Pembuatan Desain dan Layout Web : Rp. 300.000
· Pembuatan Modul Login dan Siswa : Rp. 500.000
· Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 300.000
Total : Rp. 1.300.000
6 Tim
Proyek
ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:
· Nama siswa 1 sebagai Project Manager yang
bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document
· Nama siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas
membuat desain dan layout web
· Nama siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas
membuat aplikasi berbasis web
· Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas
melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi
7 Penjadwalan
Proyek
Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline
sebagai berikut
Komponen |
Pekan
1 |
Pekan
2 |
Pekan
3 |
Pekan
4 |
Pembuatan
BRD |
|
|
|
|
Desain
& Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing
& Deployment |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar