BRD, MOCKUP APLIKASI, DAN DATABASE KASIR CAFE SALATIGA

 

Business Requirement Document

 

 

 

 

 

 

 

 

PROYEK APLIKASI CAFE

 

DIBUAT OLEH: Diana Ayu Istiqomah

 

 

 

 

 

 

PRODI BISNIS DIGITAL

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

SALATIGA

 


 

PERSETUJUAN

 

Dibuat Oleh:

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Diana

Member

 

14 Oktober 2022

 

Direview Oleh:

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Disetujui Oleh :

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 


 

Daftar Isi

 

 

1        Deskripsi Proyek

2        Lingkup Proyek

3        Kebutuhan Fungsional

3.1 Spesifikasi kebutuhan

3.2  Use Case Diagram

3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)

4        Kebutuhan Non Fungsional

5        Biaya

6        Tim

7        Penjadwalan


 

1.     Deskripsi Proyek

Proyek Aplikasi Kasir Cafe ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengelola akses Admin, Manager, dan Operator di Cafe Salatiga. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan Admin dalam mengakses menu,  Manager untuk mengakses laporan stok dan penjualan, dan Operator dalam mengakses transaksi penjualan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

2.     Lingkup Proyek

Lingkup Proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.

Untuk desain layout terdiri dari:

a.      Tampilan login.

b.     Tampilan dashboard dan menu.

Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:

a.      Fitur login.

b.     Fitur Registrasi.

 

3.     Kebutuhan Fungsional

3.1Spesifikasi kebutuhan

Proyek Aplikasi Kasir Cafe ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin dapat mengakses menu,  Manager dapat mengakses laporan stok dan penjualan, dan Operator dapat mengakses transaksi penjualan. Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a.      Manajemen user login:

  • Admin
  • Manager
  • Operator

b.     Manajemen Menu.

b.     Manajemen Laporan Stok dan Penjualan.

b.     Manajemen Transaksi Penjualan.



 


 

3.2Use Case Diagram





 

Gambar di atas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Aplikasi Kasir Café Salatiga dengan penjelasan sebagai berikut:

a.      Use case ini terdiri dari 3 actor yang berinteraksi dengan satu sistem.

b.     Admin, fitur yang berfungsi untuk mengakses data semua menu, sebelum itu admin harus login terlebih dulu. Fitur ini hanya dapat diakses setelah user berhasil login.

c.      Manager, fitur ini dapat mengakses laporan stok dan penjualan.

d.     Operator, fitur ini hanya bisa mengakses transaksi penjualan.

e.      Login, fitur yang digunakan Admin, Manager, dan Operator sebelum mengakses fitur lain.

f.       Menu, dalam fitur ini terdapat 2 kategori menu yaitu Makanan dan Minuman.

 

3.3Entity Relationship Diagram (ERD)

 




Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

a.     Proses login admin, manager, dan operator mempunyai atribut username dan password.

b.     Entitas Menu mempunyai atribut makanan, minuman, dan harga.

c.      Entitas Laporan Stok & Penjualan mempunyai atribut Laporan Stok, Laporan Penjualan, dan Total Stok & Penjualan.

d.     Entitas Transaksi Penjualan mempunyai atribut penjualan, Tanggal penjualan, dan Laporan. 

 

 

4.     Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.      Bisa digunakan pada berbagai macam browser.

b.     Tampilan user friendly dan responsive.

c.      Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password.

d.     Mudah digunakan(bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)).

 

5.     Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·        Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document : Rp. 250.000.

·        Pembuatan Mockup aplikasi: Rp. 300.000.

·        Pembuatan Desain Database : Rp. 400.000.

·        Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 300.000 Total : Rp. 1.250.000.

 

6.     Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·        Nama mahasiswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document.

·        Nama mahasiswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat design dan layout web.

·        Nama mahasiswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web.

·        Nama mahasiswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi.

Nama mahasiswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server.

 

7.     Penjadwalan

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Design & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 








MOCKUP APLIKASI KASIR CAFE SALATIGA




DATABASE CAFE SALATIGA

  1. Aktifkan XAMPP
  2. Buka web localhost/phpmyadmin
  3. Buat data baru dengan Kasir_cafe





















Komentar

Postingan Populer