BRD, MOCKUP APLIKASI, DAN DATABASE KASIR CAFE SALATIGA
Business
Requirement Document
PROYEK
APLIKASI CAFE
DIBUAT
OLEH: Diana Ayu Istiqomah
PRODI
BISNIS DIGITAL
POLITEKNIK
BHAKTI SEMESTA
SALATIGA
PERSETUJUAN
Dibuat Oleh:
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
Diana |
Member |
|
14 Oktober 2022 |
Direview Oleh:
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Disetujui Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Daftar
Isi
3.3 Entity Relationship
Diagram (ERD)
Proyek Aplikasi Kasir
Cafe ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengelola akses
Admin, Manager, dan Operator di Cafe Salatiga. Diharapkan dengan adanya
aplikasi ini akan memudahkan Admin dalam mengakses menu, Manager untuk mengakses laporan stok dan
penjualan, dan Operator dalam mengakses transaksi penjualan. Aplikasi ini
dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML,
CSS dan database MySQL.
2.
Lingkup
Proyek
Lingkup Proyek ini
terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.
Untuk desain layout
terdiri dari:
a. Tampilan
login.
b. Tampilan
dashboard dan menu.
Sedangkan untuk fitur
aplikasi terdiri dari:
a. Fitur
login.
b. Fitur
Registrasi.
3.
Kebutuhan
Fungsional
3.1Spesifikasi kebutuhan
Proyek Aplikasi Kasir Cafe ini
menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer
desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin dapat mengakses
menu, Manager dapat mengakses laporan
stok dan penjualan, dan Operator dapat mengakses transaksi penjualan. Fitur
utama yang dapat dikelola adalah
a. Manajemen user login:
- Admin
- Manager
- Operator
b. Manajemen
Menu.
b. Manajemen Laporan Stok dan Penjualan.
b. Manajemen Transaksi Penjualan.
3.2Use Case Diagram
Gambar di atas merupakan
Use Case Diagram pada Proyek Aplikasi Kasir Café Salatiga dengan penjelasan
sebagai berikut:
a. Use
case ini terdiri dari 3 actor yang berinteraksi dengan satu sistem.
b. Admin,
fitur yang berfungsi untuk mengakses data semua menu, sebelum itu admin harus
login terlebih dulu. Fitur ini hanya dapat diakses setelah user berhasil login.
c. Manager,
fitur ini dapat mengakses laporan stok dan penjualan.
d. Operator,
fitur ini hanya bisa mengakses transaksi penjualan.
e. Login,
fitur yang digunakan Admin, Manager, dan Operator sebelum mengakses fitur lain.
f. Menu,
dalam fitur ini terdapat 2 kategori menu yaitu Makanan dan Minuman.
3.3Entity
Relationship Diagram (ERD)
Pada ERD diatas
menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
a. Proses login admin, manager, dan operator mempunyai atribut username dan password.
b. Entitas Menu mempunyai atribut makanan, minuman, dan harga.
c. Entitas Laporan Stok & Penjualan mempunyai atribut Laporan Stok, Laporan Penjualan, dan Total Stok & Penjualan.
d. Entitas Transaksi Penjualan mempunyai atribut penjualan, Tanggal penjualan, dan Laporan.
4.
Kebutuhan
Non Fungsional
Untuk kebutuhan non
fungsional ada beberapa kriteria:
a. Bisa
digunakan pada berbagai macam browser.
b. Tampilan
user friendly dan responsive.
c. Keamanan
yang terjamin dengan enkripsi password.
d. Mudah digunakan(bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)).
5.
Biaya
Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen
·
Analisa dan Pembuatan Business Requirement
Document : Rp. 250.000.
·
Pembuatan Mockup aplikasi: Rp. 300.000.
·
Pembuatan Desain Database : Rp. 400.000.
·
Testing dan Deployment Aplikasi : Rp.
300.000 Total : Rp. 1.250.000.
6.
Tim
Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai
berikut:
·
Nama mahasiswa 1 sebagai Project Manager
yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document.
·
Nama mahasiswa 2 sebagai Web Designer yang
bertugas membuat design dan layout web.
·
Nama mahasiswa 3 sebagai Programmer yang
bertugas membuat aplikasi berbasis web.
· Nama mahasiswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi.
Nama mahasiswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server.
7.
Penjadwalan
Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu
sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut
Komponen |
Pekan 1 |
Pekan 2 |
Pekan 3 |
Pekan 4 |
Pembuatan BRD |
|
|
|
|
Design & Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing & Deployment |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar